Tips Menimbang Berat Badan Untuk Dapatkan Hasil yang Akurat

tips menimbang berat badan

Berat badan merupakan salah satu indikator untuk mengetahui apakah tubuh kita sehat atau tidak. Bagi yang sedang program diet penurunan BB (berat badan) atau menjaga berat badan normal, menimbang berat badan sudah menjadi sebuah rutinitas. 

Namun, untuk mendapatkan hasil yang akurat, kita tidak bisa sembarangan dalam menggunakan timbangan. Maka dari itu, kita perlu memahami bagaimana cara menimbang berat badan yang tepat. 

Berikut ini adalah beberapa panduan atau tips menimbang berat badan agar mendapatkan hasil yang akurat. Simak baik-baik, ya!

Jangan menimbang berat badan setiap hari

Sebenarnya, berat badan merupakan cerminan dari apa yang terjadi di dalam tubuh pada suatu periode yang lama. Oleh sebab itu, mengurangi makanan atau terlalu banyak makan dalam satu hari tidak langsung terpantau pada timbangan.

Jadi, tidak ada gunanya jika kita menimbang berat badan terus-menerus setiap harinya. Cukup lakukan penimbangan berat badan seminggu sekali untuk memantau perubahan berat badan.

Timbang berat badan di waktu yang sama

Menimbang berat badan perlu kita usahakan di waktu yang setiap minggunya. Jika bisa, pakai timbangan yang sama dan upayakan untuk mengenakan pakaian serupa. Hindari penggunaan sepatu dan pakaian berbahan tebal dan berat.

Sebab, hal tersebut bisa menyebabkan perhitungan berat badan bertambah. Waktu yang direkomendasikan untuk menimbang berat badan ialah saat pagi hari, di mana berat tubuh relatif belum terpengaruhi oleh konsumsi makanan padat serta cairan.

Pilih jenis timbangan yang tepat

Jenis timbangan ternyata juga memengaruhi akurasi penimbangan berat badan. Ada dua jenis timbangan yang umum kita lihat, yakni analog dan digital. Timbangan analog adalah timbangan pegas dan mengandalkan mata atau penglihatan manusia untuk pembacaan yang akurat.

Hal ini kerap menimbulkan kesalahan dalam pembacaan. Sedangkan timbangan digital biasanya menampilkan hasil berupa nomor yang tertera pada layar, sehingga hasil yang didapatkan kemungkinan cukup akurat. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa timbangan digital lebih akurat dalam menghitung total berat badan.

Itulah beberapa tips untuk menimbang berat badan agar mendapatkan hasil yang akurat. Bagi yang ingin mengikuti program diet penurunan BB atau kenaikan BB, bisa menyimak tips-tips di laman sirka.io atau aplikasinya.

Sirka merupakan layanan kesehatan digital yang memberikan program, bimbingan serta pendampingan produk nutrisi untuk solusi permasalahan berat badan, kesehatan wanita hingga pencegahan penyakit kronis. Kita akan dibantu oleh para ahli di bidangnya, sehingga hasil yang didapatkan sudah pasti baik dan melewati proses yang aman. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Tips Menimbang Berat Badan Untuk Dapatkan Hasil yang Akurat"