4 Rekomendasi Materi Public Speaking yang Menarik

contoh materi public speaking yang menarik

Beberapa orang mungkin ada yang masih merasa gugup ketika berbicara di depan umum. Jika Anda termasuk di dalamnya, maka public speaking merupakan skill yang harus dipahami. Umumnya, kemampuan ini memegang peranan penting untuk membawa seseorang terlihat lebih profesional di dunia kerja.

Di mana, Anda akan sering tampil di hadapan umum dan berbicara di depan mereka semua. Bisa dibilang, public speaking bisa menjadi salah satu senjata utama yang harus Anda persiapkan sebelum memasuki dunia profesional.

Bagi yang masih bingung menyampaikan materi apa saat di depan umum, berikut ini adalah beberapa contoh materi public speaking yang menarik. Simak baik-baik, ya!

Menceritakan Ketidaksempurnaan Diri

Tidak ada orang yang sempurna, pasti setiap orang memiliki kekurangan masing-masing. Menurut hasil survei, audiens lebih menyukai topik yang tidak merendahkan sesuatu atau menunjukkan ketidaksempurnaan seseorang.

Maka, materi public speaking ini bisa Anda gunakan. Faktanya, materi ini bisa membuat penonton tertawa dan Anda tidak perlu takut dikritik. Audiens mungkin juga akan lebih terkesan dengan sikap Anda yang tidak malu membicarakan kekurangan diri.

Pengalaman Pertama Dari Sesuatu

Butuh proses panjang untuk menjadi seorang pembicara yang baik. Anda mungkin bisa membawakan materi tentang pengalaman pertama sebagai public speaker. Awalnya pasti Anda merasa malu dan bingung harus berkata apa dan kesalahan kecil lainnya.

Sampaikan hal ini dengan selipan humor dan menjangkau penonton, sehingga mereka tidak akan berkecil hati dari pengalaman pertama.

Membicarakan Hal yang Membuat Galau

Kata-kata galau semakin populer sejak beberapa tahun lalu hingga saat ini. Anda bisa menceritakan pengalaman ketika dalam situasi galau atau stress, di mana para penonton juga pernah merasakan hal itu. Cerita tentang kisah cinta yang gagal atau konyol sekalipun bisa menjadi komedi.

Berbagi Kesalahan Hidup yang Pernah Dialami

Semua orang pasti pernah melakukan kesalahan. Hal ini bisa Anda jadikan materi untuk memantik pembicaraan di depan umum. Jangan lupa selipkan humor saat menyampaikan kesalahan-kesalahan yang pernah terjadi di hidup Anda.

Ide ini bisa saja menarik, namun Anda juga perlu mempertimbangkan bagaimana cara penyajiannya agar tujuan materi bisa tersampaikan dengan baik kepada para audiens.

Itulah beberapa contoh materi public speaking yang menarik. Bagi yang masih merasa kesulitan berbicara di depan umum, ikuti training untuk mengembangkan skill public speaking oleh mentor profesional, Ferdie Soethiono.

Anda juga akan dibantu untuk menentukan judul tema acara organisasi jika diperlukan. Kunjungi laman ferdiesoethiono.com untuk mengetahui informasi selengkapnya. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "4 Rekomendasi Materi Public Speaking yang Menarik"