Cek 7 Manfaat Paprika untuk Kulit, Rambut, dan Kesehatanmu Di Sini

Situs Keren - Banyak yang mengira jika paprika termasuk golongan sayuran. Anggapan ini tentu keliru. Meski kerap diolah menjadi lauk-pauk, namun paprika adalah buah. Sama seperti halnya tomat. Tak hanya sebagai penambah rasa pedas, paprika juga digunakan untuk mempercantik tampilan dan warna makanan. 

Di balik rasa dan warnanya, siapa sangka jika paprika merupakan salah satu buah yang kaya akan nutrisi, serat, dan vitamin. Dengan banyaknya kandungan tersebut, paprika bisa memberikan berbagai manfaat penting bagi kesehatan. Apa sajakah itu? Berikut ini adalah 7 manfaat paprika untuk kulit, rambut, dan kesehatanmu. 

Manfaat Paprika untuk Kulit, Rambut, dan Kesehatan 

1. Baik untuk kesehatan mata

Paprika mengandung beberapa jenis karotenoid yang tinggi, diantaranya adalah lutein dan zeaxanthin. Keduanya zat tersebut memang dikenal baik untuk membantu meningkatkan kesehatan dan fungsi penglihatan mata. 

Secara khusus, nutrisi ini akan membantu melindungi retina mata dari kerusakan oksidatif. Kedepannya, karotenoid juga berperan dalam menurunkan risiko katarak dan degenerasi makula mata pada orang di usia lanjut. 

2. Mencegah anemia

Mungkin tidak banyak yang menyangka jika paprika merupakan salah satu sumber zat besi alami. Tak hanya itu, kandungan vitamin C yang dikandungnya pun mampu membantu proses penyerapan zat besi agar lebih optimal. Di sisi lain, terpenuhinya cadangan zat besi dalam tubuh juga bisa meminimalisir risiko anemia. 

3. Kaya akan vitamin

Seperti penjelasan sebelumnya, kandungan vitamin C dalam paprika terbilang tinggi, bahkan nilainya setara dengan 300 persen dari kebutuhan asupan vitamin C harian. Kandungan itu berperan penting dalam pembentukan kolagen bagi tulang, tulang rawan, otot serta pembuluh darah. Tak hanya vitamin C, paprika juga mengandung vitamin A, B6, E, dan K. 

4. Kaya akan antioksidan

Salah satu kandungan antioksidan dalam paprika, yaitu likopen, dikenal bermanfaat dalam mencegah risiko kanker dan penyakit jantung. Kandungan lainnya, yaitu karotenoid, juga memiliki peran yang tidak jauh berbeda, yaitu untuk melawan radikal bebas dan meminimalisir munculnya risiko penyakit kardiovaskular. 

Karotenoid tersebut bekerja dengan cara menekan aktivitas radikal bebas yang menjadi penyebab utama terjadinya kerusakan sel. Kandungan fenol dan flavonoid dalam paprika juga ampuh menemukan kemunculan radikal bebas hidrogen peroksida, yang biasa disangkutpautkan dengan penyakit kardiovaskular iskemik. 

5. Melancarkan peredaran darah

Salah satu manfaat vitamin C yaitu menjaga pembuluh darah tetap sehat. Kandungan kalium dan vitamin B6 juga memiliki peran yang hampir sama, yaitu mencegah hipertensi dan melancarkan peredaran darah. Masih soal darah, vitamin K di dalamnya pun berperan dalam membantu fungsi pembekuan darah. 

6. Meredakan rasa cemas berlebih

Kombinasi vitamin B6 dan magnesium ternyata bisa menekan munculnya rasa cemas berlebih. Biasanya, kondisi ini terjadi pada wanita yang mengalami pra-menstruasi. Manfaat paprika sebagai pereda rasa stres, tentu tidak lain karena kandungan serat dan vitaminnya. 

Salah satunya adalah vitamin C, dimana vitamin ini berperan dalam menurunkan kadar kortisol dalam tubuh, sehingga rasa stres dan cemas bisa minimalisir. Jika dibiarkan, rasa cemas yang berlebih akan memengaruhi kualitas tidur seseorang. 

7. Sebagai sumber serat alami

Serat sangat erat kaitannya dengan kesehatan sistem pencernaan. Ternyata, kandungan serat dalam paprika bisa menjaga hal itu. Bahkan, buah ini juga digunakan dalam pengobatan sembelit dan juga untuk membantu menekan risiko sindrom iritasi usus. Di sisi lain, kandungan serat larutnya yang tinggi, membuat buah ini dipercaya bisa mengurangi kadar lipoprotein densitas rendah atau yang dikenal dengan kolesterol jahat. 

Itulah 7 manfaat paprika untuk kulit, rambut, dan kesehatan. Di luar warnanya yang menarik dan rasanya pedas, ternyata paprika menyimpan begitu banyak manfaat. Bahkan, kandungan vitamin C yang dikandungnya bisa dua kali lebih banyak dibanding buah-buahan lainnya. 

Jika kamu ingin merasakan manfaat paprika yang sudah disebutkan di atas, kamu bisa membeli buah yang satu ini di TaniHub. Platform e-commerce ini selain menyediakan paprika juga menjual aneka buah, sayur, bumbu, telur & unggas, ikan, kebutuhan masak hingga sembako. 

Tak hanya lengkap dan berkualitas, belanja di TaniHub juga banyak keuntungannya seperti mendapatkan layanan pengiriman yang cepat, layanan hubungan pelanggan selama 7 hari, metode pembayaran yang beragam, promo - promo menarik serta layanan kepuasan pelanggan yang menjamin penggantian jika barang yang dipesan tidak sesuai. 

Untuk berbelanja di TaniHub Kamu bisa mengunjungi websitenya yaitu https://TaniHub.com atau mengunduh aplikasi onlinenya di Play Store dan AppStore.

Posting Komentar untuk "Cek 7 Manfaat Paprika untuk Kulit, Rambut, dan Kesehatanmu Di Sini"