5 Hal yang Wajib Diperhatikan Agar Usaha Sampingan Anda Berhasil

Meski sebatas usaha sampingan, bisnis skala kecil seperti reseller dropship itu tetap memiliki risiko kegagalan yang hampir sama dengan bisnis yang telah dijalankan selama bertahun-tahun. Ada beberapa penyebab dari kegagalan usaha sampingan, dan ulasan kali ini akan membahas hal-hal yang sering menjadi kesalahan ketika menjalankan usaha sampingan. Mari kita simak bersama! 

Salah Menentukan Prioritas

Jika Anda memiliki pekerjaan utama dan tengah mengembangkan bisnis kecil sebagai sampingan, maka sebaiknya untuk lebih berhati-hati. Sebab, banyak kegagalan terjadi pada usaha sampingan ini akibat ambisi yang ingin sukses dengan cepat.

Sehingga, hal itu membuat Anda mungkin melakukan usaha sampingan dengan porsi hampir sama dengan pekerjaan utama atau justru lebih memprioritaskan bisnis tersebut. Tentu, itu bukan suatu hal yang baik. Jadi, tentukan prioritas dari awal agar tidak mengalami kegagalan. 

Salah Menentukan Kebutuhan

Banyak pengusaha yang seringkali salah dalam menentukan kebutuhan untuk menunjang bisnisnya. Seperti membuat logo brand, mencetak kartu nama, dan lain sebagainya.

Hal-hal seperti itu belum terlalu penting untuk usaha kecil yang baru berjalan. Sebaiknya, usaha sampingan yang baru dirintis lebih fokus dengan promosi, stok bahan baku atau material, perizinan usaha, serta membuat sebuah konsep usaha yang kuat. 

Pola Pikir yang Keliru

Kegagalan sebuah bisnis banyak yang disebabkan oleh pola pikir atau mindset yang keliru. Contohnya seperti anggapan bahwa apapun yang dijual, pasti akan ada yang membelinya. Padahal, itu merupakan pola pikir yang salah dan bisa menimbulkan kesalahan fatal.

Pola pikir yang tidak benar juga dapat berupa terlalu menganggap enteng aspek pemasaran dan pengembangan produk yang baik. 

Perencanaan Bisnis yang Kurang

Sebuah perencanaan juga dibutuhkan untuk bisnis kecil seperti usaha sampingan ini. Rencana bisnis bisa meliputi rencana yang sederhana tanpa harus terperinci, seperti membuat rencana tujuan jangka pendek dan jangka panjang, visi dan misi, kontak networking yang potensial, dan lainnya.

Hal itu penting Anda lakukan untuk membantu mengembangkan bisnis yang dijalankan. Perencanaan yang baik di awal, akan memudahkan Anda selaku pengusaha mengembangkan bisnis, karena tidak perlu menyusun ulang rencana bisnis yang sudah jauh, dan bisa membuat waktu, tenaga, dan pikiran terbuang sia-sia. 

Tidak Bisa Membangun Jaringan Kerja

Jaringan kerja atau networking menjadi salah satu kekuatan dalam berbisnis. Sebesar apapun bisnis yang dipunya, Anda wajib untuk terus menambah dan membina jaringan yang suda ada. Jaringan itu bisa berupa pelanggan, teman, dan sebagainya.

Cara membentuk dan membina jaringan adalah dengan banyak melakukan silaturahmi bisnis. Misalnya, mendatangi acara atau pertemuan bisnis yang bisa menambah kenalan baru yang mungkin bisa menjadi jaringan kerja baru untuk usaha Anda.

Jaringan kerja ini sangat membantu Anda untuk mengembangkan bisnis dan tetap bertahan di tengah persaingan yang ketat.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan agar usaha sampingan Anda bisa berhasil. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "5 Hal yang Wajib Diperhatikan Agar Usaha Sampingan Anda Berhasil"