Trik Menemukan Kandidat Karyawan yang Tepat dan Efektif

Kualitas talenta akan menentukan kualitas kinerja yang dihasilkan. Untuk memastikan perusahaan bisa menjangkau talenta yang berkualitas dan tepat sesuai kebutuhan, strategi rekrutmen sangat berperan penting. Dasar-dasar rekrutmen, seperti apa yang sebaiknya dicari dari kandidat saat rekrutmen hingga cara menyusun strategi rekrutmen, perlu dipahami oleh praktisi HR. 

Deskripsikan pekerjaan yang akan dilakukan secara detail

Deskripsi pekerjaan atau job description memiliki peran penting dalam proses rekrutmen. Job description mencakup nama posisi dan jabatan, tanggung jawab dan tugas-tugas yang akan dilakukan pada posisi tersebut, skill dan kualifikasi yang dibutuhkan, dan kompensasi yang akan didapatkan oleh karyawan.

Agar dapat membuat deskripsi yang ringkas namun jelas, kenali terlebih dahulu tanggung jawab sehari-hari yang dilakukan oleh posisi yang sama atau bagian yang terkait di perusahaan saat ini. Wawancara CEO, manajer, dan karyawan yang nantinya akan bekerja dengan posisi tersebut untuk mendapat gambaran yang menyeluruh. 

Identifikasi skill, kompetensi, dan kepribadian yang tepat

Setelah melakukan wawancara, Anda akan mendapatkan gambaran seperti apa kandidat yang tepat yang dibutuhkan untuk sebuah posisi. Kaitkan tugas sehari-hari yang akan dilakukan oleh karyawan di posisi tersebut dengan skill, kompetensi, dan kepribadian.

Sebagai contoh, karyawan yang bekerja di posisi graphic designer tidak akan bekerja sendiri, karena akan banyak berkoordinasi dengan bagian-bagian lain. Oleh karenanya, seorang kandidat yang punya kemampuan komunikasi yang baik memiliki kelebihan.

Rancang job description

Sekarang Anda telah memiliki skill, kompetensi, dan kepribadian yang diperlukan untuk posisi yang dibuka. Dengan daftar tersebut, Anda siap untuk membuat job description yang detail.

Mulailah dengan nama posisi dan jabatan serta deskripsi singkat tentang posisi tersebut. Cantumkan juga sedikit mengenai budaya kerja di perusahaan Anda untuk menarik minat kandidat. Jelaskan tanggung jawab dan tugas-tugas yang akan dikerjakan dalam posisi tersebut secara detail, juga kaitan posisi tersebut dalam perusahaan Anda secara keseluruhan.

Sertakan juga kualifikasi dan keterampilan yang dibutuhkan dalam posisi tersebut. Urutkan skill-skill yang diperlukan dalam posisi tersebut mulai dari yang paling dibutuhkan hingga skill yang akan jadi nilai plus, namun tidak terlalu diperlukan. Masukkan hanya skill dan kompetensi yang benar-benar dibutuhkan untuk posisi tersebut. 

Pilih channel rekrutmen yang akan digunakan

Dengan daftar yang lengkap, Anda siap untuk mulai membagikan lowongan tersebut. Ada beberapa channel untuk melakukan rekrutmen yang biasa digunakan oleh praktisi HR, dan Anda bisa memilih salah satu atau kombinasi dari beberapa.

Saat ini, media sosial atau social media adalah platform yang paling banyak digunakan tim rekrutmen untuk berinteraksi dengan pelamar kerja, dan digunakan oleh kurang lebih 92% praktisi HR. Hal ini diperkuat dengan adanya platform media sosial seperti LinkedIn yang khusus digunakan untuk membangun jaringan profesional dan mencari informasi terkait pekerjaan. 

Rencanakan prosedur seleksi

Setelah memiliki job description yang lengkap dan memilih channel untuk rekrutmen, Anda bisa memulai proses rekrutmen. Akan tetapi, hal lain yang tidak kalah penting adalah menyusun alur proses seleksi setelah kandidat melamar.

Dari daftar skill, kompetensi dan trait kepribadian yang sudah Anda buat untuk posisi ini, mulailah melakukan riset cara yang paling ideal untuk menilai hal-hal tersebut. Ada banyak cara yang bisa digunakan oleh praktisi HR, mulai dari wawancara, asesmen, hingga simulasi pekerjaan.

Untuk membantu proses rekrutmen dengan lebih cepat dan tepat lagi, Anda bisa menggunakan bantuan recruitmen software. Pilihan recruitment software terbaik adalah Shortlyst karena dapat memberikan 600 juta lebih profil kandidat yang bisa diakses dari seluruh dunia.

Shortlys telah menggunakan teknologi AI yang cerdas dan efisien agar proses rekrutmen lebih cepat dan tepat. Pilihan tepat menggunakan Shortlyst untuk membantu Anda menemukan karyawan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Posting Komentar untuk "Trik Menemukan Kandidat Karyawan yang Tepat dan Efektif"