Memahami Lebih Dalam Makna Asmaul Husna Al Waajid

Memahami Lebih Dalam Makna Asmaul Husna Al Waajid

Asmaul Husna merupakan nama-nama Allah yang indah dan terdiri dari 99 nama. Sebagai umat Islam yang taat kepada Allah tentu saja Anda harus menghafal nama-nama tersebut dan memahami arti serta mengamalkannya di kehidupan.

Salah satunya pada Asmaul Husna ke 64 yaitu Al Waajid yang maknanya sendiri adalah Yang Maha Menemukan. Memaknai lebih dalam arti dari Al Waajid berarti Anda yakin bahwa Allah adalah Sang Pemikir dan Sang Penemu. Bahkan bisa diartikan juga sebagai Yang Menciptakan sesuatu.

Makna Al Waajid Yang Menemukan

Dalam bahasa Arab klasik, Al Waajid berasal dari akar kata w-j-d yang bisa diartikan sebagai mendapatkan, menemukan dan memperoleh apa yang dicari serta memahami, miliki harta yang banyak tanpa keinginan. Maknanya lebih dalam adalah bahwa Allah adalah yang menemukan apapun yang dikehendaki dan tidak ada satupun yang bisa menghalangi-Nya.

Al Waajid itu bisa diartikan sebagai kaya atau sempurna dan tidak membutuhkan apapun.

Dalil Al Waajid Dalam Alquran

Berikut ini beberapa dalil Al Waajid dalam Alquran dan hadis.

  • Surah Sad Ayat 44
  • Surah Adh -Duha Ayat 8
  • Surah An-nisa Ayat 78
  • Surah Nur Ayat 39

Cara Mengamalkan Asmaul Husna Dalam Kehidupan

Anda wajib mengamalkan Asmaul Husna Al Waajid dalam kehidupan sehari-hari. Dengan percaya bahwa Allah SWT adalah yang menemukan seluruh makhluk yang ada di bumi ini tanpa ada tersembunyi atau tertukar. Allah sebagai penemu makhluk dan yang mengendalikan apapun yang dikehendakinya termasuk mengendalikan isi dari bumi dan langit.

Cara mengamalkannya adalah dengan mengingat bahwa siapapun Anda, di manapun Anda berada dan kapanpun Allah pasti akan menemukan Anda sebagai hambanya. Amal baik dan buruk Anda sebagai manusia pasti akan ditemukan dan dicatat. Nantinya bila sudah datang waktunya akan ditunjukkan kepada Anda secara teliti, adil dan detail semua amal baik dan buruk tersebut untuk diminta pertanggungjawaban.

Anda sebagai umat muslim wajib memperhatikan segala apapun yang diperbuat selama di dunia baik perilaku baik dan juga buruk. Cara mengamalkan Al Waajid bisa juga dengan berpikir kreatif dan inovatif serta belajar mengembangkan diri. Karena makna dari Asmaul Husna satu ini adalah membantu manusia untuk termotivasi menjadi penemu dan mengembangkan ilmu pengetahuan yang didapat.

Untuk Anda yang ingin mengetahui 99 Asmaul Husna lengkap dengan artinya, bisa kunjungi website surau.com.

Posting Komentar untuk "Memahami Lebih Dalam Makna Asmaul Husna Al Waajid"