Mengulas Perbedaan Sekolah Taraf Nasional dan Internasional

perbedaan sekolah taraf nasional dan internasional
source: www.cervejasemdono.com

Sebelum menentukan apakah ingin melanjutkan studi di sekolah nasional atau International School Jakarta, sebaiknya kamu mengetahui lebih dulu apa perbedaan dari keduanya.

Sekolah nasional terbagi menjadi dua, yakni sekolah negeri dan sekolah swasta yang telah memenuhi standar nasional pendidikan (SNP). Tentunya, hal ini berbeda dengan sekolah internasional yang mengutamakan pendidikan sesuai dengan kurikulum global.

Lalu, apa sebenarnya perbedaan sekolah nasional dan internasional? Simak ulasan berikut ini hingga akhir, ya.

Kurikulum Pembelajaran

Sekolah nasional menggunakan kurikulum yang telah Kementerian Pendidikan terbitkan. Kurikulum tersebut fokus pada aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan.

Hal tersebut berbeda dengan sekolah internasional yang menggunankan acuan internasional seperti Cambridge International Examination (CIE) dan International Baccalaurete (IB). Bagi lembaga pendidikan yang ingin menerapkan kurikulum internasional, maka harus memperoleh izin maupun sertifikat resmi dari lembaga terkait.

Bahasa Pengantar

Dari segi bahasa, sekolah internasional memakai bahasa Inggris sebagai bahasa utamanya. Akan tetapi, ada beberapa sekolah yang menggunakan bahasa Jerman dan Mandarin. Tenaga pendidik pun sebagian besar merupakan native speaker dengan bahasa asing yang sudah mahir.

Sedangkan, sekolah negeri menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa utama dalam pembelajaran. Bahkan, beberapa sekolah juga memberikan mata pelajaran bahasa daerahnya masing-masing.

Fasilitas yang Tersedia

Jika terlihat dari segi fasilitas yang tersedia, sekolah internasional maupun nasional memiliki standarnya masing-masing. Umumnya, fasilitas untuk sekolah internasional akan lebih mewah. Mulai dari ruangan kelas dengan AC, food court seperti di mall, perpustakaan super lengkap, hingga sarana olahraga yang memadai.

Hal tersebut berbeda dengan sekolah nasional yang mempunyai fasilitas standar karena menyesuaikan anggaran dana pendidikan nasional. Itulah alasan mengapa fasilitas yang ada di sekolah nasional tidak selengkap sekolah internasional. Oleh sebab itu, tidak heran jika biaya yang perlu kamu keluarkan untuk belajar di sekolah internasional cenderung lebih mahal.

Seperti halnya Jakarta Multicultural School (JMS) yang menyediakan fasilitas yang lengkap untuk mendukung perkembangan anak secara akademik maupun non akademik. JMS terus mendorong akademik, kreativitas, inovasi, komunikasi antar budaya, dan kecerdasan emosional untuk menciptakan agen perubahan atau pemimpin dalam mengubah dunia menjadi lebih baik.

Bahkan, JMS selalu mengedepankan kualitas pendidikan untuk setiap siswanya. Ini bisa kamu lihat dari rasio siswa-guru yang rendah sehingga memungkinkan tenaga pendidik mampu memperhatikan potensi dan tantangan setiap siswa dengan cermat.

Penasaran dengan beragam layanan dan program dari top International School in South Jakarta ini? Silahkan kunjungi jms.sch.id untuk informasi lebih lengkapnya. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Mengulas Perbedaan Sekolah Taraf Nasional dan Internasional "