Wajib Tahu! Inilah Tips Menjaga Kesehatan Kandung Kemih

tips menjaga kesehatan kandung kemih
source: cdns.klimg.com

Kandung kemih merupakan salah satu organ dalam tubuh yang memiliki peran dalam proses buang air kecil. Organ ini menjadi bagian dari sistem saluran kencing (ekskresi), di mana fungsi utamanya sebagi tempat penyimpanan urine. Kantung kemih akan menahan urine dari hasil penyaringan ginjal sampai waktunya harus dikeluarkan.

Oleh sebab itu, penting sekali untuk menjaga kandung kemih demi mencegah berbagai risiko penyakit akibat penurunan fungsi seiring bertambahnya usia. Salah satu penyakit akibat penurunan fungsi organ ini ialah inkontinensia urine.

Inkontinensia urine adalah kondisi di mana otot dasar panggul yang menahan keluarnya urine dari kandung kemih mulai melemah, sehingga menyebabkan pengidapnya sering buang air kecil tidak terkendali. Berikut ini adalah beberapa tips menjaga kesehatan kandung kemih yang bisa kita ikuti. Simak baik-baik, ya!

Hindari Menahan Buang Air Kecil

Tips pertama yang bisa kita lakukan adalah menghindari menahan buang air kecil. Ketika di tempat umum, tak jarang kita menahan rasa ingin berkemih. Padahal, buang air kecil bertujuan untuk mengeluarkan bakteri.

Jika menahan buang air kecil, maka bakteri yang seharusnya terbuang justru akan kembali masuk ke kantung kemih. Kolonisasi bakteri pada kandung kemih juga bisa memperbesar risiko terbentuknya batu di kandung kemih.

Minum Air Putih

Kurang minum air putih akan membuat tubuh kita mengalami dehidrasi. Selain itu, bisa membuat urine jadi lebih pekat dan memicu sembelit. Kedua kondisi ini perlahan akan mengiritasi kandung kemih, sehingga bisa memicu inkontinensia urine.

Maka dari itu, kita harus mencukupi kebutuhan air putih dengan meminumnya minimal 8 gelas per hari. Bisa juga memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan makan sup atau meminum jus.

Latihan Otot Panggul

Tips lain yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan kandung kemih yaitu dengan melakukan latihan otot panggul. Salah satunya dengan senam kegel. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Posisikan tubuh terlentang, lalu kencangkan otot panggul bawah seperti saat menahan kencing.
  2. Tahan posisi tersebut selama 5 detik. Kemudian, lemaskan selama 5 detik pula.
  3. Ulangi gerakan tersebut 4 – 5 kali.
  4. Kita bisa menambahkan waktunya hingga 10 detik jika sudah mulai terbiasa.

Latihan ini bisa membantu meningkatkan kekuatan otot panggul yang menopang organ di bagian tersebut, menjaga kontrol kantong kemih dan sekaligus mencegah inkontinensia urine pada lansia.

Jika lansia di sekitar kita mengalami inkontinensia urine, gunakan Confidence Popok Celana dengan desain slim and fit, sehingga penggunanya serasa menggunakan celana dalam biasa.

Popok dari Confidence ini juga dilengkapi pelindung samping yang memberikan perlindungan ganda dari kebocoran. Jadi, pengguna bisa beraktivitas dengan aman dan nyaman. Informasi selengkapnya bisa dilihat di laman tanyaconfidence.com. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Wajib Tahu! Inilah Tips Menjaga Kesehatan Kandung Kemih"