Mengenal Manfaat Program Leadership Bagi Mahasiswa

Leadership skill merupakan salah satu hal penting dalam mewujudkan kesuksesan seseorang, termasuk mahasiswa. Sayangnya, masih banyak yang menganggap remeh dan memilih nanti saja dalam mengasah kemampuan tersebut.

Padahal, mumpung masih muda, sebaiknya mahasiswa sudah mulai mengasah kemampuan dalam memimpin sedini mungkin. Ada banyak cara yang bisa meningkatkan leadership skill seperti mengikuti program yang mengasah kemampuan berpikir kritis, hingga mencari contoh public speaking yang tepat ketika berbicara di depan banyak orang.

Supaya kamu semakin semangat dalam mengembangkan leadership skill, berikut beberapa manfaat program leadership atau kepemimpinan yang bisa kamu dapatkan.

Membangun Karakter


Sudah bukan rahasia lagi jika program leadership mampu membantu membangun karakter dan meningkatkan kemampuan, khususnya soft skill para calon pemimpin sehingga mempunyai jiwa kepemimpinan dalam setiap pekerjaan yang akan dikerjakan nanti.

Semakin dini seseorang mendapat program leadership, maka semakin matang pula pertumbuhan dan perkembangan pola pikir kepemimpinannya di masa yang akan datang.

Meningkatkan Pengalaman dalam Berorganisasi

Kemampuan memimpin memang memiliki hubungan yang erat dengan organisasi sebagai sarana seseorang memperoleh pengalaman berharga terkait leadership. Dalam dunia kerja, kualitasmu nanti sebagai seorang yang sudah siap bekerja akan terlihat dan teruji.

Maka dari itu, banyak sekolah dan perguruan tinggi yang berlomba-lomba mengadakan berbagai program leadership dengan tujuan untuk mengembangkan potensi calon pemimpin.

Membangkitkan Rasa Percaya Diri

Bukan suatu hal yang mudah untuk menjadi seorang pemimpin yang baik. Bahkan, untuk memulainya saja mungkin kamu tidak mengerti harus berbuat apa. Kamu merasa kurang mengerti harus melakukan apa walaupun kamu sudah melihat banyak senior yang telah berhasil menjadi pemimpin.

Akan tetapi, dalam prakteknya, tidak semua pengalaman setiap individu bisa kamu samakan. Tentunya, kamu akan menghadapi berbagai hal baru yang sangat menantang sehingga kamu mampu mengembangkan cara memimpin dan menerjemahkan cara pandangamu tentang teori kepemimpinan dalam sebuah tindakan.

Menantang Diri untuk Terus Berkembang

Ketika kamu masuk dalam organisasi dan mengikuti program leadership, kamu akan memperoleh pengalaman untuk kerja sama tim. Kamu belajar bahwa mengutarakan ide bisa menjadi sebuah tantangan saat banyak ide lain berbeda dari pandanganmu.

Mampu mempertahankan pendapat dengan cara yang benar tetapi tetap fleksibel dalam menerima perbedaan adalah sebuah pengalamn yang tidak dapat kamu peroleh dari tempat lain, selain dalam organisasi berbasis kepemimpinan.

Oleh sebab itu, mengikuti organisasi sangat penting, terutama organisasi yang mengajakmu untuk belajar menjadi pemimpin yang bijak dan baik. Ajak teman-teman organisasimu untuk sering mengadakan atau mengikuti seminar kepemimpinan dengan pembicara yang kompeten guna menambah ilmu.

Kamu bisa menghubungi Ferdie Soethiono. Mentor berpengalaman ini mampu memberikan materi kepemimpinan sesuai dengan tema yang organisasimu inginkan.

Kunjungi ferdiesoethiono.com agar bisa konsultasi gratis mengenai judul tema acara organisasi atau terkait kebutuhan seminar kepemimpinanmu. Yuk, sukseskan acara dengan narasumber berkompeten! Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Mengenal Manfaat Program Leadership Bagi Mahasiswa"